/ Pengobatan

Macam-macam obat patah tulang

Macam-macam obat patah tulang – Untuk pertolongan pertama pada orang yang mengalami patah tulang, yang dapat Anda lakukan adalah menghentikan perdarahan dengan membebat dan menekan sumber perdarahan dengan kain bersih atau perban, lalu menstabilkan posisi tulang yang patah agak tidak bergeser. Anda juga bisa memberikan kompres dingin (membalut es dengan handuk) untuk mengurangi pembengkakan


Ragam Obat Untuk Patah Tulang yang Perlu Anda Ketahui

Patah tulang dapat terjadi pada tangan, jemari, bahu, kaki, tulang tengkorak, dan tulang lainnya. Keadaan ini bisa terjadi pada siapa saja. Tak hanya rasa sakit yang parah ketika bergerak, gejala lainnya dapat berupa pembengkakan, nyeri di sekitar area cidera, memar, hingga deformitas. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa jenis penanganan dan obat untuk patah tulang yang aman Anda konsumsi.

Penanganan pada patah tulang biasanya tergantung jenis dan lokasi patah tulang, umumnya menggunakan metode belat, imobilisasi, reduksi, terapi, obat medis, hingga pembedahan. Biasanya dokter meresepkan obat antiradang, analgesik, dan antibiotik. Obat analgesik berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, sedangkan antibiotik digunakan pada patah tulang terbuka untuk mencegah terjadinya infeksi. Berikut beberapa obat yang bisa Anda konsumsi ketika mengalami patah tulang:

1. Obat anti-inflamasi non steroid (OAINS).

Obat antiradang bisa berupa ibuprofen, naproxen, dan ketoprofen. Umumnya, digunakan sebagai obat untuk patah tulang ringan hingga yang cukup parah. Obat ini menghambat reaksi peradangan dan nyeri pada patah tulang dengan menurunkan aktivitas enzim siklooksigenase dan menghambat sintesis prostaglandin.

2. Analgesik.

Untuk mengurangi sakit yang dirasakan pada patah tulang, Anda dapat menggunakan obat-obat analgesik yang dijual bebas tanpa resep dokter, seperti paracetamol, ibuprofen, atau kombinasi dari keduanya.

3. Antibiotik.

Selain menggunakan obat pereda nyeri, dokter mungkin juga akan memberikan antibiotik. Bisa diberikan antibiotik dengan spektrum luas pada luka yang terbuka dan terkontaminasi, untuk mencegah terjadinya infeksi. Obat antibiotik yang dapat digunakan sebagai obat untuk patah tulang seperti gentamicin, vancomycin, dan antibiotik golongan sefalosporin.

4. Imunoglobulin dan Vaksin.

Pasien patah tulang bisa ditangani dengan memberikan imunoglobulin dan vaksin seperti tetanus. Diberikan atau tidaknya vaksin tetanus tergantung dari kondisi luka (misalnya luka yang terbuka atau terkontaminasi) dan riwayat vaksinasi tetanus sebelumnya. Sama seperti antibiotik, tujuan pemberiannya adalah untuk mencegah infeksi.
Patah tulang memerlukan penanganan intensif oleh dokter, karena bukan hanya obat-obatan yang diperlukan, tetapi juga mungkin tindakan medis dan rehabilitasi untuk mencegah kecacatan dan komplikasi. Segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, terlebih jika terjadi kondisi gawat darurat seperti perdarahan berat atau tulang menembus organ dalam. Jangan menunda untuk periksa ke dokter karena merasa patah tulang tidak berbahaya dan akan sembuh dengan sendirinya. Penanganan yang terlambat mungkin akan menyebabkan kecacatan atau perubahan bentuk yang sifatnya permanen.

Macam-macam obat patah tulang

Tags: Obat Patah Tulang

  1. Penebalan Diniding Rahim yang harus diwaspadai | Obat Penebalan Dinding Rahim4 weeks agoReply

    […] Artikel Terkait :┬áMacam-macam obat patah tulang […]

Leave a reply "Macam-macam obat patah tulang"

Must read×